Senin, 07 Februari 2011

KOMPONEN SISTEM KOMUNIKASI

Tiap-tiap sistem telekomunikasi untuk mengirimkan berita dari satu titik ke titik
yang lain haruslah mempunyai 3 macam komponen utama yaitu:
a. Sumber (source):

ialah pihak yang mengirim informasi mis. pesawat telepon, telex, terminal, dan lain-lain. Tugasnya membangkitkan informasi dan menempatkannya pada medium transmisi.
b. Media transmisi:
mis. saluran kabel, gelombang elektromagnetik, dan lain-lain.
Tugasnya menyalurkan berita yang diterima ke tempat tujuan.
c. Penerima (receiver):
mis. pesawat telepon yang lain, terminal,dan lain-lain. Tugasnya
menerima berita yang dikirimkan oleh suatu sumber informasi.
Sumber (pengirim) pada umumnya dilengkapi atau disambungkan dengan alat lain (interface atau transducer) yang dapat mengubah informasi yang akan dikirimkan menjadi bentuk sesuai dengan media transmisi yang digunakan misalnya menjadi:

- Pulsa listrik
- Gelombang elektromagnetik
- Gelombang cahaya (misalnya laser)

Penerima (receiver) mempunyai alat lain yang fungsinya kebalikan dari transmitter yaitu mengubah informasi yang bentuknya sesuai dengan media transmisi yang digunakan menjadi bentuk asalnya.
Media transmisi dapat berupa:
- Gelombang Elektromagnetik
- Kawat tembaga Twisted Pair )
- Serat optik
- Kabel coax, dan lain-lain.
4. METODE PENYAMPAIAN INFORMASI

Karena tujuan dari komunikasi ialah penyampaian informasi dari satu sumber ke satu atau lebih penerima secara tepat dan cepat, dikembangkan berbagai cara penyampaian informasi tersebut. Berdasarkan cara penyampaian informasi kita mengenal beberapa bentuk komunikasi yaitu:
a. Komunikasi dari satu titik ke titik yang lain (Point to Point communications).

Dengan cara penyampaian ini informasi dari sumber hanya diberikan kepada satu penerima saja. Untuk telekomunikasi suara point to point sistem yang paling umum adalah sistem telepon yaitu komunikasi suara telah berhasil menghubungkan satu tempat dengan tempat yang lain dalam waktu yang hampir bersamaan, walaupun dipisahkan dengan jarak yang besar sekali.
b. Komunikasi dengan cara broadcasting

yaitu dari satu titik ke segala penjuru. Informasi dapat diambil oleh siapapun yang membutuhkannya. Informasi dari sumber disebarluaskan ke semua penerima yang menjadi anggota yang dikenalnya. Siaran radio atau televisi merupakan bentuk komunikasi audio/video broadcasting yang umum dipakai.
Dalam menyalurkan informasi dari satu titik ke titik yang lain dikenal 2 teknik
penyambungan yang dasarnya berbeda yaitu:
a. Circuit Switching:

dalam sistem ini pengirim yaitu rangkaian masukan di-sambungkan ke penerima atau rangkaian keluaran selama pengalihan informasi. Untuk tiap hubungan diperlukan satu rangkaian. Bilamana pihak yang dituju sibuk ataupun tidak berada dalam keadaan siap menerima informasi hubungan tidak dapat dilaksanakan atau gagal. Informasi yang hendak dikirimkan dapat hilang. Jaringan telepon menggunakan cara penyambungan seperti ini.
b. Store and Forward:

informasi yang masuk ke dalam rangkaian masukan akan di salurkan beberapa saat kemudian. Disini terjadi penyimpanan informasi dan kemudian baru penyaluran. Informasi yang belum dapat diberikan kepada penerima karena satu dan lain hal tidak akan hilang karena disimpan pada pengirim. Prinsip store and forward ini dikembangkan lebih lanjut dengan cara pemecahan informasi menjadi unit yang kecil yang dikenal sebagai paket, sehingga waktu penyimpanan informasi dapat dipersingkat. Cara penyambungan ini dikenal sebagai Packet Switching. Jaringan komunikasi data menggunakan sistem penyambungan Packetswitching.

Dalam sistem komunikasi yang bersangkutan dengan jaringan (network) diperlukan adanya peralatan dan proses bagi pihak yang ingin berkomunikasi. Peralatan ini dikumpulkan atau umumnya berada pada suatu tempat yang dikenal sebagai Pusat Penyambungan atau Switching Center yang berisikan perangkat masukan, keluaran, switching, dan lain-lain yang berguna dalam menghubungkan pengirim dan penerima. Bilamana informasi yang dilayaninya adalah data pusat penyambung semacam ini sekarang dikenal sebagai Data Center.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar